Langsung ke konten utama
Pengenalan Umum Sistem Operasi
Definisi Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keraskomputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital
Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.
Peran Sistem Operasi dalam Sistem Komputer
Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna. Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.
Tujuan Sistem Operasi
Sistem operasi memiliki dua tugas&tujuan utama, yaitu :
Pengelola seluruh sumber daya sistem komputer (resource manager).
Mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer agar penggunaan sumber daya dapat secara benar dan efisien.
Sumber daya komputer terdiri atas :
Sumber daya fisik, terdiri atas :
keyboard
mouse
floopy disk drive
harddisk
printer
modem, dll.
Sumber daya abstrak, terdiri atas :
data
program
Sebagai penyedia layanan (extended / virtual machine).
System operasi menyediakan sekumpulan layanan (disebut sebagai system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan atau pemanfaatan sumber daya system komputer.
Tugas :
Memberi abstraksi mesin tingkat tinggi yang lebih sederhana dan menyembunyikan kerumitan hardware.
System memberikan system calls atau APi (Aplication Programming Interface) yang berfungsi menghindarkan kompleksitas pemrograman dengan memberikan sekumpulan instruksi yang mudah dan nyaman.
Basis untuk program lain.
Program aplikasi dijalankan diatas Sistem operasi.
Sejarah Perkembangan Sistem Operasi
Sistem operasi telah berevolusi sejak komputer diciptakan. Pada tabel di bawah ini menunjukan perkembangan sistem komputer. Perkembangan sistem komputer dibagi menjadi empat kurun (generasi). Perkembangan sistem komputer melibatkan perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak. Tabel di bawah ini merupakan ringkasan sejarah perkembangan sistem komputer menurut Tanenbaum.
G
Tahun
Sistem Hardware
Sistem Software
Keterangan
1
1945-1955
Calculating machine using vacuum tubes
Peristiwa penting :
1950 : punched card
Machine language using plugboard
Aplikasi:
Numerical calculation
Belum ada OS
Sistem terpusat
2
1955-1965
Transistor
System :
Character oriented : IBM
1401
Numeric oriented : IBM
7094
Batch System
FMS(Fortran Monitoring System), IBSYS
Belum ada OS
Terdapat fungsi OS
Sistem terpusat
3
1965-1980
IC (Integrated Circuit)
System :
IBM System/360,GE-645
Multiprogramming
Spooling
(SimultaneousPeripheral Operation Online)
Timesharing
System :
CTTS
(Compatible TimeSharing System)
MULTICS(Multiplexed Information and Computing System)
UNICS(Uniplexed Information and Computing System)
Sudah ada OS
Sistem terpusat
4
1980-1990
LSI (Large Scale Integration) Circuit
System :
PC
Network System
Userfriendly Software
System :
Network Operation System
Distributed Operating System
Sistem tersebar
Batch System, Multiprogramming System, Time Sharing System, Multiprocessing System, Distributed System
1.5.1 Batch System
Suatu system dimana job dikumpulkan dalam satu rangkaian kemudian dieksekusi secara berurutan.
1.5.2 Multiprogramming System
Sistem dimana komputer melayani banyak proses/job (program yang dijalankan) sekaligus dalam satu waktu (manajemen banyak proses pada satu pemroses).
1.5.3 Time Sharing System
Merupakan varian dari multiprogramming dimana setiap pemakai mempunyai satu terminal online dengan pemroses hanya memberikan layanan pada pemakai yang aktif secara bergantian secara cepat. Para pemakai akan merasa dilayani terus-menerus, padahal sebenarnya digilir persatuan waktu yang singkat.
1.5.4 Multiprocessing System
Manajemen banyak proses di computer multiprosesor (banyak pemroses di dalamnya).
Contoh : OS Microsoft Windows NT, UNIX, LINUX
1.5.5 Distributed System
Manajemen banyak proses yang dieksekusi di banyak system computer yang tersebar (terdistribusi).
Struktur Sistem Komputer
Struktur sebuah sistem komputer dapat dibagi menjadi :
Operasi sistem Komputer.
Struktur Input/Output.
Struktur Penyimpanan.
Proteksi Hardware.
Operasi Sistem Komputer
Pada abstraksi tingkat atas, sistem komputer terdiri atas emapt komponen yang saling bekerjasama dan saling berinteraksi untuk mencapai satu tujuan komputer yaitu komputasi.
Keempat komponen sistem komputer adalah :
Pemroses
Pemroses berfungsi mengendalikan operasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data.
Pemroses terdiri atas :
Bagian ALU (Aritmetic Logic Unit) untuk komputasi.
Fungsi : melakukan operasi aritmatika dan logika.
Bagian CU (Control Unit) untuk pengendalian.
Fungsi : mengendalikan operasi yang diilaksanakan system computer.
Register-Register
Fungsi : sebagai memori sangat sangat cepat yang biasanya sebagai tempat operan-operan dari operasi yang akan dilakukan.
b. Memori Utama
Fungsi : menyimpan data dan program.
Memori utama biasanya volatile, yaitu tidak dapat mempertahankan data dan program yang disimpan bila sumber daya energi dihentikan.
Perangkat Input/Output
Fungsi : memindahkan data antar komputer dan lingkungan eksternal.
Interkoneksi antar komponen
Adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan ketiga komponen (pemroses, memori utama, dan perangkat input/output).
Interkoneksi antar komponen disebut bus.
Bus terdiri 3 macam yaitu :
bus alamat.
Bus data.
Bus Kendali.
Struktur Input/Output
Perangkat input/output terdiri dua bagian, yaitu :
Komponen mekanis adalah perangkat itu sendiri.
Komponen elektronis adalah pengendali perangkat berupa chip control.
Perangkat adalah perangkat nyata yang dikendalikan chip controller di board sistem atau card. Controller dihubungkan dengan pemroses dan komponen lain lewat bus.
Struktur Penyimpanan
Data yang disimpan dalam memori utama bersifat sementara dan jumlahnya sangat kecil. Oleh karena itu, untuk meyimpan keseluruhan data dan program komputer dibutuhkan secondary-storage yang bersifat permanen dan mampu menampung banyak data. Contoh dari secondary-storage adalah harddisk, disket, dll.
Sistem operasi bertanggung-jawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan disk-management seperti: free-space management, alokasi penyimpanan, penjadualan disk.
Proteksi Hardware
Proteksi mengacu pada mekanisme untuk mengontrol akses yang dilakukan oleh program, prosesor, atau pengguna ke sistem sumber daya.
Mekanisme proteksi harus:
• membedakan antara penggunaan yang sudah diberi izin dan yang belum.
• specify the controls to be imposed.
• provide a means of enforcement.
PENJADWALAN PROSES
Penjadwalan : pemilihan proses selanjutnya yang akan dieksekusi
Kapan dilakukan Penjadwalan ?
- Proses baru dibuat
- Proses selesai dieksekusi
- Proses yang sedang dieksekusi di blokir
- Terjadinya I/O interrupt (proses yg diblokir siap untuk dieksekusi kembali)
- Terjadi clock interrupt (misal 40 mdetik sekali)
Sasaran utama penjadwalan
1. Adil (Fairness)
adil adalah proses-proses diperlakukan sama yaitu mendapat jatah waktu pemroses yang sama dan tak ada proses yang tak kebagian layanan pemroses
2. Efisiensi
efisiensi adalah optimalisasi penggunaan sumberdaya
sasaran penjadwalan adalah menjaga agar pemroses tetap dalam keadaan sibuk, shg efisiensi mencapai maksimum. Sibuk adalah pemroses tidak menganggur,
3. Throughput
Jumlah kerja yang dapat diselesaikan dalam satu waktu
tujuannya adalah memaksimalkan jumlah job yang diproses per satu interval waktu
4. Waktu tanggap (Response Time)
Response time yaitu jangka waktu sejak proses di-submit hingga memperoleh respon pertama
Waktu tanggap/response time dibagi menjadi 2 :
Sistem Interaktif
Waktu tanggap pada waktu interaktif
Waktu yang dihabiskan dari saat karakter terakhir dari perintah dimasukkan atau transaksi sampai hasil pertama muncul dilayar (terminal). Disebut juga dengan terminal Response Time
Sistem waktu nyata
Waktu tanggap pada sistem waktu nyata
Waktu dari saat kejadian (internal atau eksternal) sampai instruksi pertama rutin layanan dieksekusi. Disebut juga dengan event response time
5. Waktu Turnaround (Turn Arround Time)
Adalah waktu yang dihabiskan atau diperlukan dari saat program atau job mulai masuk ke sistem sampai proses diselesaikan sistem.
Turn arround time = waktu eksekusi + waktu menunggu
Tipe – tipe Penjadwalan
Penjadwalan jangka pendek (short-term scheduller)
bertugas menjadwalkan alokasi pemroses diantara proses-proses ready di memori utama
terjadi pada saat pengalihan proses untuk memilih proses berikutnya yang harus dijalankan
2. Penjadwalan jangka menengah (medium-term scheduller)
Adalah menangani proses-proses swapping / menangani transisi dari suspended-to-ready proses-proses swapping
Swapping adalah aktivitas pemindahan proses yang tertunda dari memori utama ke memori sekunder
3. Penjadwalan jangka Panjang (long-term scheduller)
Bekerja terhadap antrian batch dan memilih batch selanjutnya yang harus dieksekusi.
Batch biasanya adalah proses-proses dng penggunaan sumber daya yang intensif, program-program berprioritas rendah
Strategi Penjadwalan
Terdapat dua strategi penjadwalan, yaitu :
1.Penjadwalan Non-preemtive
Proses yg sdg dieksekusi menggunakan CPU hingga proses tsb menyerahkannya secara sukarela
Contohnya pada MS Windows
2.Penjadwalan Preemtive
Proses yang sedang dieksekusi dapat diambil alih oleh proses lain dan dipaksa untuk menyerahkan CPU
Terjadi pada proses-proses yang mendapat perhatian/tanggapan pemroses secara cepat
Algoritma-algoritma Penjadwalan
Sistem Batch (Non-preemtive)
1. FIFO atau FCFS
( First In First Out / Firs Come First Serve )
Ketentuan
Proses yang meminta CPU duluan yg dialokasikan CPU duluan
Disebut juga FIFO
Digunakan pada sistem batch
Analogi dunia nyata : restoran cepat saji
Parameter :
Burst time (dlm ms), waktu dan urutan kedatangan
2. SJF (Shortest Job First)
Dahulukan job dengan waktu execution tersingkat
Kebutuhan waktu eksekusi harus diketahui terlebih dahulu
Memberikan waktu tunggu rata-rata terbaik
Optimal jika semua job tersedia pada waktu yang sama
Masalah pada Preemtive SJF:
1. Starvation
Pada kondisi tertentu, suatu job mungkin tidak pernah menyelesaikan eksekusinya
Contoh :
Proses A dng elapse time 1 jam tiba pada waktu 0, namun pd waktu yg sama dan setiap 1 menit brkt tiba proses sengkat dng elapse time 2 menit
hasilnya : A tidak pernah mendapat jatah eksekusi
2. RR (Round Robin)
Tiap proses memperoleh alokasi waktu CPU dlm kuantum waktu, biasanya 10 – 100 ms
Setelah kuantum waktu terlewat, proses preempted dan dimasukkan ke belakang antrian ready
Performansi :
- q besar à FIFO
- q kecil à overhead utk context switch sangat besar
Contohnya pada text editor, kebanyakan waktu program adalah menunggu keyboard, shg dapat menjalankan proses-proses lain
3. PS (Priority Schedulling)
Tiap proses diberi prioritas
Proses dengan prioritas tinggi dijadwalkan duluan
Masalah :
Mungkin tidak menghasilkan waktu tunggu rata-rata yg baik
Dpt menyebabkan infinite blocking atau starvation pd proses dng prioritas rendah
Penentuan prioritas
Ada 2 pendekatan :
Statis ( untuk sistem dng aplikasi yg teeratur dan telah diketahui)
Dinamis (sebaliknya)
Prioritas dpt ditentukan berdasarkan :
Biaya terhadap user
Tingkat kepentingan user
Umur proses (aging) % waktu CPU yg telah digunakan pd x jam terakhir
4. GS (Guaranteed Schedulling)
Memberikan jaminan performansi bagi user
Contoh :
Dng n proses running, scheduller memastikan bahwa tiap proses memperoleh 1/n siklus CPU
Penjadwalan
Hitung rasio pemakaian waktu CPU sebenarnya dengan waktu CPU yg dijatahkan
Pilih proses dengan rasio terendah
Dapat menyebabkan starvation

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATA KULIAH STATISTIK DASAR

Statistik Statistik --> kumpulan fakta umumnya berbentuk angka yang disusun dalam tabel dan atau diagram yang menggambarkan persoalan misalnya : statistik pertanian, statistik kesehatan dan lain-lain. Statistik--> ukuran sebagai wakil dari kumpulan data mengenai suatu hal misalnya : rata-rata gaji 20 pegawai dia suatu perusahaan terkemuka di indonesia adalah Rp 10.000.000,- , maka rata-rata Rp 10.000.000,- ini dinamakan statistik. atau dengan kata lain sattistik adalah: Statistika : Pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan fakta, pengolahan serta penganalisaannya, penarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan yang cukup beralasan berdasarkan fakta-fakta dan analisa yang dilakukan. Kesimpulan yang dibuat mengenai suatu persoalan umumnya diharapkan berlaku untuk persoalan secara keseluruhan (populasi) bukan hanya untuk sebagian data (sampel). POPULASI DAN SAMPEL Populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin dari hasil menghitung atau mengukur dapat berupa kua

Download Software

Kita wajib bangga terhadap Kemajuan dan keinginan Anak bangsa yang ingin berkarya. Berkarya dalam bidang apapun wajib kita Acungi jempol, asal itu hal yang positif dan berguna bagi masyarakat. Seperti yang akan saya paparkan disini, salah satu Karya anak bangsa dalam bidang IT khususnya Pembuatan Software yang dibuat Oleh Sobat Dumay Saya "PANCA ASHARIYANTO MUKTI". yang diberi nama RPUP SimpleSoft Media Inc , INDONESIA.  Yang mempunyai arti yaitu, Software yang berisikan rangkuman pengetahuan umum disertai tambahan-tambahan media menarik lainnya yang berguna untuk siapa saja. RPUP SimpleSoft Media Inc, tidak mempunyai cabang ataupun kerjasama dengan pihak media lain karena bersifat tunggal atau mandiri. Walaupun Latar belakang pendidikannya Bukanlah IT, tapi karena hobbynya Beliau Mamapu menciptakan beberapa software Yang menurut saya sangat Baik. karena saya yang anak IT juga lum bisa buat secanggih Beliau. :) Langsung saja Saya share beberapa software buatan  RPUP Si

Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik

ACER... ACER...ACER.. adalah Kata  yang lazim kita dengar kalau kita sedang membicarakan sesuatu yang berhubungan dengan komputer. Memang ACER kata yang tidak asing lagi ditelinga kita. Salah satu Produsen Notebook dan Netbook terbaik di Indonesia. Bicara tentang ACER tidak akan selesai untuk satu postingan saja. Untuk itu Kita Langsung ke titik Pembicaraan. Yaitu tentang Genre baru yang diberi nama "Ultrabook". ACER memang selalu yang terdepan. Jenis baru "Ultrabook" ini adalah yang pertama dikenalkan didunia oleh ACER dengan produk terbarunya "Aspire S3" . Sedikit penjelasan tentang Ultrabook. Ultrabook yaitu sebuah jenis barudibidang komputerisasi yang menggabungkan kenyamanan menggunakan tablet dengan kemampuan yang optimal, desain tipis,ringan dan instan on ( siap pakai ketika dinyalakan). Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik: