Langsung ke konten utama

MEDIA PENYIMPANAN KOMPUTER

Hah............

Ingin berbagi ilmu dikit lakh........

Tentang komputer tentunya....

MEDIA PENYIMPANAN DATA ELAKTRONIK PADA KOMPUTER

1. RAM ( Random Acces Memory )
RAM pertama kali dikenal pada era tahun 60-an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah popular seperti saat ini karena harganya yang sangat mahal. Pada saat itu lebih lazim menggunakan memori berjenis magnetic. RAM yang pertama diproduksi oleh Intel berjenis DRAM. RAM adalah memory utama sebuah PC. RAM digunakan untuk menyimpan data sementara dan mengeluarkan data yang diminta processor. Terdapat beberapa jenis RAM diantaranya adalah:
a. FPM DRAM ( Fast Page Mode Random Acces Memory)
RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memory 30 pin mainboard computer, dimana RAM ini dapat kita temui pada computer tipe 286 dan 386. Saat ini jenis ini sudah tidak diproduksi lagi.

fpm ram

Contoh Gambar FPM DRAM
b. EDO RAM ( Extended Data Out Random Acces Memory )
RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM yang pertama kali. Slotnya 72 pin dan lebih panjang dari RAM biasa yaitu bentuk Single . Memiliki kecepatan 66 MHz.

RAM

Contoh gambar Edo RAM
c. BEDO RAM ( Burst EDO RAM )
RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz.

RAM

Contoh gambar Bedo RAM


d. SD RAM ( Synchronous Dynamic RAM )
RAM jenis ini memiliki kemampuan diatas EDO RAM. Slot memorinya 168 pin, bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Module ( DIMM ). Memiliki kecepatan diatas 100 MHz.

RAM

Contoh gambar SD RAM
e. RD RAM ( Rambus Dynamic RAM)
RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi yaitu 800 Mhz, pertama kali digunakan untuk komputer dengan processor Pentium 4. Slot memory SD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Module ( RIMM ).

RAM

contoh gambar RD RAM
f. DDR SDRAM ( Double Data Rate SDRAM)
Memiliki kecepatan menggandakan kecepatan RD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis inimengkonsumsi sedikit power listrik. Slot memorinya adalah 184 pin, bentuknya RIMM. Jenis DDR saat ini sudah sampai DDR 4.

RAM

Gambar DDR RAM


2. Hard Disk
Hard Disk disebut juga dengan Hard Drive, Fixed Disk atau Hdd yaitu media penyimpanan tetap untuk menyimpan file system hingga data – data pada computer.

Harddisk

Gambar Harddisk


Hard Disk terdiri atas 3 bagian utama yaitu:
- Piringan magnetic
Berfungsi untuk menyimpan data
- Bagian mekanis
Berfungsi untuk memutar piringan magnetic
- Head
Digunakan untuk membaca data.

Harddisk

Bagian Harddisk
Jenis Hard Disk biasanya dikelompokan berdasarkan kategori Interface, Tingkat kecepatan transfer data, dan Kapasitas penyimpanan data. Jenis Interface yang terdapat pada hard disk bermacam – macam, yaitu : ATA ( IDE, EIDE ), Serial ATA ( SATA ), SCSI (Small Computer System Interface), SAS, IEEE 1394, USB, dan Fibre Channel. Jenis interface menentukan tingkat data rate atau kecepatan transfer data.
Dari beberapa jenis hard disk diatas, yang paling sering digunakan, yaitu IDE, SATA, dan SCSI. SCSI biasanya banyak digunakan pada server, workstation, dan komputer Apple Macintosh mulai dari pertengahan tahun 1990-an hingga sekarang.

Masih ada kelanjutanya...

Tunggu sambungannya ea.........

Sekarang dah cpe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATA KULIAH STATISTIK DASAR

Statistik Statistik --> kumpulan fakta umumnya berbentuk angka yang disusun dalam tabel dan atau diagram yang menggambarkan persoalan misalnya : statistik pertanian, statistik kesehatan dan lain-lain. Statistik--> ukuran sebagai wakil dari kumpulan data mengenai suatu hal misalnya : rata-rata gaji 20 pegawai dia suatu perusahaan terkemuka di indonesia adalah Rp 10.000.000,- , maka rata-rata Rp 10.000.000,- ini dinamakan statistik. atau dengan kata lain sattistik adalah: Statistika : Pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan fakta, pengolahan serta penganalisaannya, penarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan yang cukup beralasan berdasarkan fakta-fakta dan analisa yang dilakukan. Kesimpulan yang dibuat mengenai suatu persoalan umumnya diharapkan berlaku untuk persoalan secara keseluruhan (populasi) bukan hanya untuk sebagian data (sampel). POPULASI DAN SAMPEL Populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin dari hasil menghitung atau mengukur dapat berupa kua

Download Software

Kita wajib bangga terhadap Kemajuan dan keinginan Anak bangsa yang ingin berkarya. Berkarya dalam bidang apapun wajib kita Acungi jempol, asal itu hal yang positif dan berguna bagi masyarakat. Seperti yang akan saya paparkan disini, salah satu Karya anak bangsa dalam bidang IT khususnya Pembuatan Software yang dibuat Oleh Sobat Dumay Saya "PANCA ASHARIYANTO MUKTI". yang diberi nama RPUP SimpleSoft Media Inc , INDONESIA.  Yang mempunyai arti yaitu, Software yang berisikan rangkuman pengetahuan umum disertai tambahan-tambahan media menarik lainnya yang berguna untuk siapa saja. RPUP SimpleSoft Media Inc, tidak mempunyai cabang ataupun kerjasama dengan pihak media lain karena bersifat tunggal atau mandiri. Walaupun Latar belakang pendidikannya Bukanlah IT, tapi karena hobbynya Beliau Mamapu menciptakan beberapa software Yang menurut saya sangat Baik. karena saya yang anak IT juga lum bisa buat secanggih Beliau. :) Langsung saja Saya share beberapa software buatan  RPUP Si

Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik

ACER... ACER...ACER.. adalah Kata  yang lazim kita dengar kalau kita sedang membicarakan sesuatu yang berhubungan dengan komputer. Memang ACER kata yang tidak asing lagi ditelinga kita. Salah satu Produsen Notebook dan Netbook terbaik di Indonesia. Bicara tentang ACER tidak akan selesai untuk satu postingan saja. Untuk itu Kita Langsung ke titik Pembicaraan. Yaitu tentang Genre baru yang diberi nama "Ultrabook". ACER memang selalu yang terdepan. Jenis baru "Ultrabook" ini adalah yang pertama dikenalkan didunia oleh ACER dengan produk terbarunya "Aspire S3" . Sedikit penjelasan tentang Ultrabook. Ultrabook yaitu sebuah jenis barudibidang komputerisasi yang menggabungkan kenyamanan menggunakan tablet dengan kemampuan yang optimal, desain tipis,ringan dan instan on ( siap pakai ketika dinyalakan). Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik: